Menu

Kurikulum Pendidikan di Sekolah

Kurikulum Pendidikan di Sekolah

Kurikulum pendidikan di sekolah – Tulisan ini cuman sekadar liat terhadap kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang ‘pernah’ berlaku di Indonesia. Menurut admin, kurikulum ini punyai aspek positif yang lumayan mengakomodir sistem pendidikan khususnya sekali pendidikan di daerah yang punyai keterbatasan di dalam penyelenggaraan pembelajaran.

Proses pendidikan yang berlangsung di suatu sekolah terhadap hakikatnya adalah implementasi dari kurikulum sekolah tersebut. Corak dan warna kegiatan apapun yang dijalankan di sekolah merupakan penerapan dari kurikulum sekolah. Jika tersedia suatu kegiatan diluar kurikulum sekolah, maka kegiatan itu boleh dikatakan ilegal.


Kurikulum pendidikan di sekolah punyai landasan yuridis dan filosofis. Bahkan, pengesahan pemanfaatan kurikulum di sekolah harus mendapat legalisasi dari pihak dinas pendidikan kabupaten/kota. Namun demikian, sebelum saat mendapat pengesahan oleh pihak berkompeten tersebut, penyusunan kurikulum sekolah telah lewat beraneka prosesur dan mekanisme tertentu.

Jika tersedia kerancuan atau kesangsian di dalam pelaksanaan kurikulum di sekolah, disinyalir sebab penyusunan kurikulum sekolah yang asal-asalan. Atau boleh jadi sebab kurikulum sekolah disusun berdasarkan kopian punya sekolah lain yang sesudah itu dimodifikasi seadanya. Belum tentu dokumen kurikulum satu sekolah sama sama juga dengan sekolah lain.

Perbedaan kurikulum satu sekolah dengan sekolah lain disebabkan oleh salah satu prinsip pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) bahwa kurikulum dikembangkan sesuai dengan perkembangan peserta didik, suasana lingkungan dan sarana belajar serta adanya kearifan budaya lokal.

Meskipun mengisi kurikulum satu sekolah mungkin tidak sama dengan sekolah lain, namun substansi kurikulum sekolah selalu mengacu terhadap Standar Nasional Pendidikan (SNP) untuk menjamin pencapaian obyek pendidikan nasional.

Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, standar proses, standar kelulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian pendidikan.

Lima ( 5 ) standar dari delapan standar nasional pendidikan tersebut, yakni Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Penilaian Pendidikan, Standar Proses dan Standar Pengelolaan merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan di dalam mengembangkan kurikulum sekolah.

Memang, semua pihak yang perihal dengan pendidikan dibikin sibuk oleh KTSP. Namun demikian, hasil perumusan kurikulum sekolah yang bagus dan bisa diterapkan, akan mengantarkan terhadap pencapaian obyek sekolah sesuai visi dan misi sekolah itu sendiri.

Sumber : https://www.ruangguru.co.id/download-contoh-surat-penawaran-harga-yang-benar/