Menu

Perangkat Keras Komputer – Hardware Computer Expert

Perangkat Keras Komputer - Hardware Computer Expert

Perangkat Keras Komputer – Hardware Computer Expert

Perangkat Keras Komputer - Hardware Computer Expert

Perangkat Keras Komputer – Hardware Computer Expert

 

Perangkat keras Komputer atau hardware Computer

Dan berikut ini adalah Fungsi dan kegunaan perangkat/hardware komputer yang harus anda ketahui dan artikel ini merupakan sambungan-lanjutan dari artikel tentang perangkat-perangkat keras yang ada dalam komputer/PC anda.

Optical Disc Drive

CD-ROM (dieja /ˌsiːˌdiːˈrɒm/, merupakan akronim dari compact disc read-only memory, bahasa Indonesia: CD Memori Baca-Saja) adalah sebuah cakram padat dari jenis cakram optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita. CD-ROM bersifat “baca-saja” (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi). Untuk dapat membaca isi CD-ROM, alat utama yang diperlukan adalah kandar CD. Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re-Write/RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW.

Power Supply Unit (PSU)

Power Supply ini berfungsi sebagai pengkonversi dan penyalur energi listrik dari outlet sumber (misalnya listrik PLN) ke bentuk energi listrik yang dapat digunakan untuk menjalankan komponen komputer yang berada di dalam casing. Biasanya, PSU ini diletakkan di bagian belakang dalam casing komputer.

Monitor

Ini juga bisa juga disebut screen atau display. Fungsi dari layar monitor ini adalah untuk menampilkan video dan informasi grafis yang dihasilkan dari komputer melalui alat yang disebut kartu grafis (VGA Card). Monitor ini bentuk fisiknya hampir sama dengan televisi , hanya saja televisi biasanya mampu menampilkan informasi grafis dengan ukuran resolusi yang lebih tinggi.

Keyboard dan Mouse

Keyboard dan mouse ini berfungsi sebagai alat input untuk memasukkan perintah teks, karakter, atau menggerakkan objek pada antarmuka grafis untuk diproses oleh komputer. Ukuran dan bentuk dari kedua alat ini cukup beragam, namun fungsinya tetap sama.

Printer

Printer ini berfungsi sebagai alat output cetak dari dokumen elektronik baik dalam bentuk teks maupun grafis/gambar. Pada komputer rumahan biasanya menggunakan kertas sebagai media cetaknya. Sedangkan fungsi scanner adalah kebalikan dari printer yaitu memindai input data dari luar komputer ke dalam bentuk elektronik yang dapat diolah secara digital.

Sumber : https://www.dosenmatematika.co.id/