Menu

Tips Mengajarkan Anak Agar Tak Ngompol

Pada saat anak sudah bisa ke toilet sendiri saat siang hari, kini saatnya Anda ajari anak Anda untuk tak ngompol saat malam hari. Ada perbedaan besar diantara latihan ke toilet saat siang dan malam harinya. Walaupun mudah bagi anak untuk control kandung kemihnya saat siang hari, akan tetapi saat malam hari akan ada banyak hal yang tak dikontrol oleh alam sadarnya.

Tips Mengajarkan Anak Agar Tak Ngompol

Tips Mengajarkan Anak Agar Tak Ngompol

 

Ajari ke toilet saat malam hari mungkin saja akan memerlukan waktu lebih lama lagi dibandingkan waktu latihan ke toilet di saat siang hari. Seperti biasanya, Anda harus ekstra sabar dan tak mencai makinya sebab tak berhasil lakukan hal tersebut pada malam pertama. Hal yang demikian ini mungkin saja akan menjadikan anak Anda enggan untuk lanjutkan proses latihannya tersebut. untuk bisa mempercepat prosesnya, maka Anda bisa memastikan bahwasannya anak Anda sudah berhasil ke toilet sendiri saat siang hari terlebih dulu.

Tips mengajarkan anak agar tak ngompol

  • Pergi ke toilet saat sebelum tidur malam hari. Kemungkinan untuk mengompil di saat malam hari akan jadi rendah sebab anak Anda sudah mengosongkan kandung kemihnya.
  • Coba untuk batasi asupan air bagi anak Anda, ya setidaknya 1 jam sebelum tidur. Ini nantinya akan membantu dalam mengurangi kemungkinan anak Anda mempunyai kandung kemih yang penuh saat malam hari.
  • Biarkan saja anak Anda tidur dengan lampu tidur. Sehingga dia nantinya bisa temukan jalan dalam gelap. Anak-anak akan secara alami takut kegelapan, sehingga tak mau pergi ke toilet dan lebih pilih untuk menahan kandung kemihnya tersebut. Nah, lampu tidur ini nantinya akan membantu kurangi ketakutan anak Anda yang lebih efektif lagi.
  • Bangunkan anak di setiap kali Anda harus pergi ke toilet saat malam hari. Anak Anda awalnya mungkin akan menolak, akan tetapi bila Anda melihat ini sebagai rutinitas di setiap harinya, maka dia akan dengan mudahnya terbiasa dengan gagasan pergi ke toilet saat tengah malam. Akan tetapi Anda juga harus mempertimbangkannya serta berhati-hati pada hal tersebut. apabila anak Anda tidur di jam 8 malam, maka jangan pernah membangunkan tidurnya di jam 10 malam untuk pergi ke toilet sebab itu hanya akan mengganggu tidurnya.
  • Menggunakan pull up, karpe tahan air, atau pun celana training. Sebab anak Anda masih belum bisa mengontrol kandung kemihnya dengan baik, maka lindungi dia serta kasurnya dari air seni dengan menggunakan bahan perlindung tersebut.

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan tentang tips mengajarkan anak agar tak ngompol. Semoga saja informasi di atas bisa bermanfaat. sumber : www.dosenpendidikan.com